Gandeng Ada Arah Consultant, Universitas Putra Bangsa Gelar Seminar Leadership Untuk UMKM

Para pelaku UKM dan UMKM pada sesi foto bersama narasumber (foto:ery)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Universitas Putra Bangsa bekerjasama dengan Ada Arah Consultant sukses menggelarkan acara Seminar Leadership yang bertemakan Learn How to be a Better Leader  diikuti oleh puluhan pelaku UMKM yang tersebar di wilayah Kabupaten Kebumen, Purworejo, Cilacap dan Banyumas pada Rabu, 08 Maret 2023 di Aula Universitas Putra Bangsa.

 

Kegiatan seminar menghadirkan Rektor Universitas Putra Bangsa, Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. sebagai pembicara 1, ditemani Founder Ada Arah Consultant, Joko Fitra, M.Sc., M.M. sebagai pembicara 2 membahas materi tentang kepemimpinan manajerial dan pengarahan sistem manajemen efektif untuk UMKM. Ada Arah Consultant merupakan lembaga yang dibentuk sebagai forum diskusi manajemen bisnis khusus para pelaku usaha.

 

Rektor UPB Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M saat memberikan materi (foto:ery)

Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. dalam paparannya menyampaikan perlunya literasi baru bagi pelaku bisnis untuk menghadapi era revolusi 4.0 . 

 

“Agar lebih kompetitif, diperlukan orientasi baru, tidak hanya cukup literasi lama seperti membaca, menulis, dan matematika sebagai modal dasar untuk berkiprah di masyarakat.” Ujar Gunarso

 

Selanjutnya 3 literasi baru yang perlu di tanamkan pada pelaku bisnis, yakni Literasi data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia.

 

Sementara pemateri kedua Joko Fitra, M.Sc., M.M. berfokus pada penyampaian leadership untuk UMKM. Joko menyampaikan UMKM memulai usaha cenderung pada situasi dengan keterbatasan sumber daya. Namun itu bukan suatu alasan untuk menyerah,  ada Upaya untuk terus berjuang dan belajar hingga tercapainya Tujuan.

 

“Adanya keterbatasan bukan menjadi penghalang, karena untuk menjadi a Better Leader  membutuhkan proses, perlu ada Effort Leadership, Leadership Successful, dan Effective Leadership.” Jelasnya

 

Setelah kedua narasumber usai memaparkan materinya, seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara dan tidak berhenti sampai disini, nantinya akan ada pendampingan kepada pelaku UMKM sebagai luaran dari seminar kegiatan ini. (Ery)

 

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post