Polisi-TNI Bersihkan Pantai, Nelayan Senang Dibantu


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Polres Kebumen menggelar kegiatan peduli lingkungan membersihkan Pantai Pantai Pasir Kecamatan Ayah, Kebumen, Kamis 13 Juli 2023.

Kegiatan dengan tema "Membersihkan Sampah Serentak bersama Polri" diikuti sedikitnya kurang lebih 300 peserta gabungan dari Polres Kebumen, Polsek jajaran, TNI AD, TNI AL, Nelayan, KKN Mahasiswa Unsoed, serta relawan.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin kegiatan mengungkapkan, bersih-bersih ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan pantai serta sebagai aksi ajakan kepada masyarakat agar lebi peduli terhadap kebersihan pantai. 

"Tujuan dari kegiatan memberi contoh serta edukasi kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya," jelas AKBP Burhanuddin. 

Selain Polres Kebumen, gerakan bersih-bersih pantai juga dilakukan serentak oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia. 

Kegiatan bersih-bersih diawali apel pengecekan, lalu pembagian kantong besar untuk menampung sampah yang dikumpulkan. Pembersihan dilakukan dengan menyusuri garis pantai dari barat jalan ke arah timur. Sampah yang dikumpulkan merupakan sampah organik maupun unorganik berupa plastik, ranting-ranting, dan sampah dedaunan. 

Bejo ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kebumen mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan bersih-bersih pantai terus dilestarikan karena lingkungan pantai yang bersih memudahkan nelayan dalam menangkap ikan.

"Sampah sungguh sangat mengganggu. Karena sampah plastik yang datang dari sungai nanti terkumpul di laut. Sampah ini mengganggu habitat ikan. Serta sampah juga mengenai jaring nelayan sehingga mengganggu saat penangkapan ikan," kata Bejo.

Bejo mewakili nelayan berterimakasih dengan gerakan membersihkan pantai. Ia berharap, gerakan membersihkan pantai juga diikuti kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Pantai Pasir yang dilakukan pembersihan adalah lokasi bersandarnya kapal Nelayan Rukun Pasir yang kurang lebih beranggotakan 802 nelayan.

Salah satu Mahasiswa KKN Unsoed Erma Dwi Hasanah mendukung penuh gerakan bersih-bersih pantai. Menurutnya, pantai yang semula terlihat banyak sampah yang berserakan kini terlihat lebih bersih dan nyaman. 

Setelah sampah terkumpul lalu diangkut menggunakan kendaraan patroli Polsek keluar dari pantai.






-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post