Sekjen UNESCO GGN Uji Kelayakan Geoprak Kebumen, Selangkah Lagi Menuju Geopark Dunia


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Sekretaris Jenderal UNESCO Global Goepark Network (GGN) Mr Guy Martini menyambangi Kabupaten Kebumen. Kehadiran Guy Martini di Kebumen selama beberapa hari ke depan untuk melihat langsung  kelayakan Geopark Kebumen menjadi Geopark dunia atau Global Geopark UNESCO (UGG).

Kedatangan Mr Guy disambut hangat oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta seluruh jajaran terkait, dalam acara ramah tamah yang berlangsung di Trio Azana Style, Kamis  (13/7) malam. Hadir pada kesempatan itu, Peneliti Utama BRIN, Hanang Samodra,  dan Tenaga Ahli Badan Pengelola Geopark Kebumen, Chusni Ansori.

Bupati menyatakan, Mr Guy berada di Kebumen sampai 18 Juli 2023 untuk melihat langsung potensi yang ada di Kebumen, baik dari sisi alamnya maupun kearifan lokal masyarakatnya, sehingga Kebumen bisa dikatakan layak masuk Geopark Global UNESCO.

"Mr Guy ini adalah tim asesor dari UNESCO yang akan memberikan penilaian langsung tentang kelayakan Geopark Kebumen untuk masuk dalam Global Geopark UNESCO," ujar Bupati.

Beberapa tempat yang akan dikunjungi Guy selama di Kebumen, di antaranya yakni: BRIN di Karangsambung, pengrajin batik Kebumen,  meninjau anyaman pandan di Karanganyar, Benteng Vanderwick Gombong, goa Jatijajar, Goa Barat, hutan mangrove Ayah, dan pantai Logending.

Kemudian naik ke atas Pantai Menganti, menelurusi sepanjang pantai Selatan Kebumen, penakaran penyu, sentra pengelolaan garam di Mirit. Bupati Kebumen juga bakal mengajak Mr. Guy untuk menjajal river tubing di Sendang dalem Padureso.

"Dari kunjungan dan penilaian ini, Mr Guy nantinya akan memberikan rekomendasi, apa-apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki agar Geopark Kebumen layak masuk Global Geopark UNESCO," ucapnya.

Bupati menyebut, Geopark Kebumen kini mencakup 22 kecamatan yang saling keterkaitan baik dari sisi alam dan kebudayaan masyarakatnya.

"Jadi sekarang bukan lagi Geopark Karangsambung-Karangbolong, tapi Geopark Kebumen, meliputi 22 kecamatan." terangnya.

Dalam sambutannya, Mr Guy mengatakan sejak lama dirinya telah mendengar potensi Geopark Kebumen, dan berkeinginan untuk datang langsung ke kota ini. Ia bersyukur kesempatan itu akhirnya bisa terwujud.  

"Dan saya pertama kali bertemu dengan Bapak Bupati waktu kunjungan studi Geopark di Vietnam, saya terkesan dengan penyampaikan Bupati sewaktu di kapal tentang potensi Kebumen untuk masuk global geopark UNESCO,"ujar Mr Guy.

Berdasarkan catatan yang ia terima, Geopark Kebumen termasuk sangat lengkap karena yang ditawarkan bukan hanya keindahan pegunungannya, tapi juga lautnya, termasuk potensi masyarakat dan kebudayaannya.

"Kita akan liat semuanya dalam beberapa hari ke depan," tegasnya. (kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post