Wirausahawan Baru di Sempor Mendapat Pelatihan dari Unsoed


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pelaku usaha baru berbasis potensi lokal di Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari para calon doktor Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed).

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Mahasiswa Ilmu Akuntansi Program Doktor (IAPD) Unsoed dilaksanakan pada tanggal 5-7 Juli 2023 di Hotel Candisari Karanganyar Kebumen. Mereka memberikan pelatihan kewirausahaan bagi wirausahawan baru berbasis potensi lokal. 

Pelatihan tersebut disupport penuh oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kebumen. Sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Mahasiswa Ilmu Akuntansi Program Doktor (IAPD) Universitas Jenderal Sudirman, diantaranya Sully kemala Octisari, Irman Firmasyah, Arif Sapta Yuniarto dan Roni Budianto yang disupervisi langsung oleh DR. Siti Maghfiroh, M.Si selaku dosen pembimbing dalam kegiatan pengabdian tersebut.

"Program ini dimaksudkan untuk melahirkan dan menumbuhkan wirausaha baru di Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen." ujar  Sully Kemala Octisari selaku ketua kelompok event ini.

Menurutnya, hal itu dilakukan mengingat potret potensi produk pertanian yang dapat menjadi sumber produk wirausaha UMKM belum dimanfaatkan dengan baik. Wirausaha baru dapat menjadi menjadi solusi untuk memanfaatkan potensi tersebut. Namun hingga saat ini, pemahasam mengenai wirausaha bagi masyarakat masih minim. 

Oleh karena itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi wirausaha baru mengenai aspek-asoek penting dalam berwirausaha. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dengan bentuk dua arah. Materi yang dibahas pada kegiatan ini terdiri dari: pemahaman secara umum mengenai kewirausahaan dan motivasi, pemanfaatan potensi local untuk produk unggulan, dan strategi agar bisnis UMKM dapat berjalan dengan berkelanjutan. (mat)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post