Mie Keriting Kebumen, Masuk Final Top 45 Nasional Inovasi Pencegahan Stunting


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemerintah pusat hingga daerah saat ini sedang getol mengkapanyekan dan mengupayakan pencegahan stunting. Ada banyak yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah untuk berupaya mencegah kenaikan stunting. Salah satunya adalah inovasi Mie Keriting singkatan dari (Makanan instan cegah kerdil dan stunting).

Mie Keriting bukanlah makanan berbentuk mie pada umumnya. Makanan sehat ini terbuat dari bahan dasar tepung ganyong dan daun kelor. 

Tepung ganyong dan daun kelor dipilih karena keduanya memiliki kandungan protein zat besi fosfor dan zink yang cocok digunakan untuk membantu dalam pencegahan stunting

Bentuk olahannya ada banyak varian, seperti coco crunch, bit mie, cheese puff, crunchy, oatmeal dan juga nastar.

Tak disangka, inovasi yang motori Puskesmas Kebumen II ini tengah bersaing masuk Top 45 Nasional dalam Lomba  Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)  yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi (PANRB).

Bupati Arif Sugiyanto menyambut baik inovasi tersebut  untuk aktif berperan serta membantu pemerintah mencegah kenaikan angka stunting. Hal ini tentu saja bisa ditiru oleh yang lain. 

"Penanganan stunting tidak bisa dilakukan sendiri, harus bersama-sama. Harus ada gotong royong antara pemerintah dengan masyarakat, karena itu saya harap inovasi Mie Keriting ini bisa membuka wawasan kita untuk membuat ide-ide baru untuk mendukung percepatan penanganan stunting di Kebumen," ucap Bupati.

Menurut bupati, Inovasi Mie Keriting merupakan pemberian makanan tambahan kepada balita selama masa pertumbuhan. Makanan ini perlu dikembangkan dan diproduksi lebih banyak untuk diberikan kepada balita yang rawan stunting. Harapannya bisa membantu pertumbuhan anak dengan baik.

"Kita juga berharap inovasi ini bisa terus melaju di tingkat nasional dalam lomba inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan Kementerian PANRB. Alhamdulillah kita sudah masuk final. Seiring dengan itu, kita juga berharap kasus stunting di Kebumen angkanya bisa semakin turun," harapnya.

Diketahui, sebelumnya Bupati sudah melaksanakan presentasi dan wawancara dengan Tim Penilai Kementerian PAN-RB Menuju TOP 45 Nasional yang dilaksanakan  via zoom meeting di hotel Mexoli beberapa hari lalu. 

Mie Keriting Kebumen sudah lolos menjadi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023. Sebelumnya Inovasi Mie Keriting harus bersaing dengan  3110 proposal yang masuk ke Kementerian PANRB  dan lolos administrasi 2269 dengan rincian 2124 Kelompok Inovasi umum, dan 145 kelompok Inovasi khusus. (mat/kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post