Keren! Bank Sampah KPM PKH Alian Dapat Penghargaan Terbaik


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Bank sampah Megah Karya yang digeluti oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) desa Krakal Kecamatan Alian  dinobatkan sebagai yang terbaik oleh Dinas Linkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan (DLHKP) Kabupaten Kebumen.

Penghargaan diberikan DLHKP kepada para 'pejuang lingkungan' dalam rangkaaian acara World Cleanup Day (WCD) 2023 di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Kebumen, Sabtu (16/09/2023).  

Acara peringatan WCD ini diawali dengan  apel bersama dilanjutkan aksi pungut sampah bersama yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono. Turut hadir dalam acara tersebut para Asisten Sekda, Kepala DLHKP, Kepala Disparbud, Camat serta Forkopimcam Petanahan.

Sekda mewakili Bupati menyambut baik kegiatan ini, harapannya dapat menjadi inspirasi serta motivasi bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menjadikan pantai Pandan Kuning khususnya dan wilayah Kabupaten Kebumen sebagai wilayah bebas sampah. 

Aksi pungut sampah ini memang tidak serta merta mewujudkan Indonesia bersih sampah 2025. Namun aksi ini adalah wujud kontribusi dan aksi nyata kita. Harapannya, aksi ini dapat menggerakkan hati kita untuk bersama membersihkan Kebumen, membersihkan Indonesia. Juga membangkitkan kesadaran masyarakat akan isu persampahan, khususnya di Kebumen.

Harus ada kerjasama untuk mengatasi sampah dengan kerja yang sistematis dan berkelanjutan. Mengurangi dan mengelola sampah. Mengkampanyekan upaya reduce (mengurangi), reuse (penggunaan kembali),  recyle (mendaur ulang) terhadap sampah. Dan semua ini dimulai dari kesadaran bersama. Kesadaran yang harus kita bangkitkan, dan kita jaga, kita perkuat, sehingga menjadi tekad dan komitmen bersama. 

Dalam acara tersebut Pemkab Kebumen melalui DLHKP memberikan penghargaan bagi sekolah adiwiyata, bank sampah dan TPS3R di wilayah kabupaten Kebumen.

Bank Sampah Megah Karya mendapat penghargaan terbaik 1 kategori Bank Sampah. Aspek penilaian meliputi administrasi, pengelolaan sampah dan inovasi.

Penghargaan ini pun menjadi kado terbaik karena bertepatan dengan hari ulang tahun Bank Sampah Megah Karya. 

"Tentunya ini menjadi kado terbaik di anniversary  ke satu tahun. Kami sangat senang karena mendapatkan juara terbaik no 1 bank sampah se-Kabupaten Kebumen di tahun ini." ujar Woro, KPM PKH yang bertindak sebagai Direktur Bank Sampah Megah Karya.

Woro mengungkapkan, hasil capaiannya ini tak lepas dari dukungan Pendamping PKH yang telaten mendampingi dan memberikan support sehingga ia dan anggota lainnya bisa mendirikan dan mengelola Bank Sampah Megah Karya.

 "Kami sangat berterima kasih kepada pendamping PKH Krakal Pak Heru dan Bu Anas yang sudah mendampingi kami sampai dititik ini. tentunya kami akan lebih giat lagi dalam mengelola sampah yang ada di desa kami, jangan sampai ada sampah diantara kita." pungkasnya. (mat)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post