Ribuan Pelanggar Kena Tilang, Pengendara yang Patuh Dapat Helm dan Sayuran

Operasi Zebra Candi, Pengguna Jalan Soekarno Hatta Kebumen Dibagikan Helm dan Sayur Mayur. (Foto: Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Meski memasuki Operasi Zebra Candi 2023 hari terakhir, Sat Lantas Polres Kebumen tetap gencar melakukan kegiatan penerangan keliling (Penling) agar masyarakat selalu patuh dan tertib berlalu-lintas.

Penling kali ini dilakukan di simpang empat Pegadaian Cabang Kebumen sebelah barat Pasar Tumenggungan dengan melibatkan Jasa Raharja, Minggu 17 September 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Lantas Polres AKP Tejo Suwono saat memimpin kegiatan mengungkapkan, agar masyarakat semakin tertib berkendara sehingga dapat menekan angka kecelakaan. 

"Adapun cara bertindak (CB) yang kami lakukan pagi ini yaitu humanis. Sehingga diharapkan, pesan dari penerangan lingkungan dapat sampai dan diaplikasikan oleh masyarakat," jelas AKP Tejo.

Pelibatan Jasa Raharja saat kegiatan Penling, menurut AKP Tejo agar kegiatan semakin maksimal. Menurut AKP Tejo, kolaborasi antara Polri dengan PT Jasa Raharja sangat erat kaitannya dalam kasus penanganan kecelakaan lalu-lintas. 

Selanjutnya menurut AKP Tejo, salah satu point utama dari Operasi Zebra Candi ini adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu-lintas maupun fatalitas kecelakaan lalu-lintas di Kebumen. 

Saat kegiatan Penling berlangsung, para pengguna jalan di Jalan Soekarno Hatta Kebumen diberikan edukasi mengenai pentingnya mengenakan helm SNI, penggunaan sabuk keselamatan bagi pengendara mobil, serta selalu mengecek kelaikan kendaraan bermotor saat akan bepergian.

Selanjutnya kegiatan menarik lainnya, saat kegiatan Penling, Sat Lantas Polres Kebumen memberikan reward berupa helm kepada anak-anak, jajanan, sayur-mayur, juga jamu. 

"Pemberian reward ini juga untuk merangsang masyarakat agar semakin peduli terhadap keselamatannya dengan selalu tertib berlalu-lintas," pungkasnya. 

Kembali ke Operasi Zebra Candi 2023 yang tinggal menghitung jam, menurut AKP Tejo, angka pelanggaran lalu-lintas masih terbilang tinggi. Data yang berhasil dirangkum dari Posko Operasi Zebra, selama operasi Polres Kebumen melakukan tilang sebanyak 1.484, dan 7.667 teguran kepada pelanggar.

Selain Penling, di hari sebelumnya, Sabtu 16 September 2023, Sat Lantas Polres Kebumen melakukan kegiatan "Police Goes to School" di SDIT Ulil Albab Kebumen. 

Kesempatan itu dimaksimalkan untuk menjadikan murid-murid sebagai mitra Polri dengan mengenalkan berbagai macam rambu-rambu lalu-lintas serta mengajarkan tiga siap kepada murid-murid.

"Tiga siap yang kami sosialisasikan adalah siap dalam berkendara yaitu siap diri, siap kendaraan, dan siap mentaati peraturan lalu lintas. Ini sangat penting dikenalkan kepada para murid. Sehingga ketika murid-murid pulang, mereka mengingatkan kepada para orangtua di rumah," menurut AKP Tejo. 

Selanjutnya menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 22 September mendatang, AKP Tejo meminta dukungan kepada masyarakat.

Dukungan yang dimaksud, dengan selalu meningkatkan kesadaran hukum berlalu-lintas, serta mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas bagi dirinya dan orang lain, untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Kebumen. (mat/res)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post