Revitalisasi Alun-alun Kebumen Terapkan Konsep Catur Gatra Tunggal. Apa itu?


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Alun-alun Kebumen saat ini masih dalam proses revitalisasi. Nantinya konsep Catur Gatra Tunggal diterapkan pada alun-alun yang bakal diberi nama Alun-alun Pancasila Kebumen.

Menurut salah seorang Pegiat Budaya Kebumen KRAP Arif Priyantoro, penerapan konsep Catur Gatra Tunggal pada revitalisasi Alun-alun Kebumen ini sudah sesuai kosmologi pembangunan kerajaan di Jawa. Tata kelola revitalisasi alun-alun dianggap telah memenuhi berbagai elemen dalam satu ruang.

"Ada penyesuaian juga dengan kondisi sekarang. Dulu itu buat memantau pergerakan musuh yang akan masuk ke pendopo, sekarang lebih untuk membangun sentra ekonomi," katanya, Jumat (15/9).

Menurut Arif, pola pembangunan konsep Catur Gatra Tunggal memiliki simbol kedekatan antara pemerintah dan rakyat. Konsep pembangunan ini memandang dari berbagai aspek. Meliputi aspek pemerintahan, ekonomi, religi dan sosial tidak dapat dipisahkan. "Saya kira Catur Gatra masih terjaga dalam proses pembangunan di Kebumen," jelasnya.

Dia menjelaskan, pada masa era Mataram, alun-alun berfungsi sebagai tempat gelar prajurit. Secara penataan bangunan juga selaras, di mana sekeliling alun-alun terdapat pendopo, masjid dan pusat perekonomian. "Sekarang sisi timur sedang dibangun tempat kuliner. Di situ berkumpul para UMKM. Jadi perputaran ekonomi rakyat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kebumen Kurnia Hadi menyampaikan, pihaknya kini terus menggenjot pembangunan wilayah kota. Nantinya, antar fasilitas di sekitar kota termasuk alun-alun akan saling terintegrasi, sehingga memudahkan masyarakat. "Ke depan konsepnya terintegrasi. Sehingga seputaran kota itu satu kesatuan penanganan," katanya.

Saat ini, kata Kurnia, PUPR Kebumen masih fokus pembangunan sejumlah ruas jalan protokol. Bersamaan dengan itu, juga terdapat proyek pengerjaan revitalisasi alun-alun. Menurutnya, pembangunan kota ini memiliki fungsi penyangga dan saling memberikan pengaru satu sama lain. Dalam proses pembangunan juga memperhatikan konsep berkelanjutan. 

"Tahap awal dimulai penataan koridor jalan. Nanti saling terkoneksi dengan kawasan alun-alun," lanjutnya. (mat/radarjogja)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post