Sekali Terbang Puluhan Pelanggar Kena Tilang. Uji Coba ETLE Mobile-Drone di Kebumen


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Polres Kebumen menjadi tempat uji coba dan sosialisasi penerapan ETLE Mobile-Drone dari Ditlantas Polda Jateng. 

Pesawat drone diterbangkan di simpang tiga Pejagoan Kebumen oleh pilot drone Dit Lantas Polda Jateng, untuk memantau pelanggaran lalu-lintas serta pengamatan arus lalu-lintas, Rabu 13 September 2023.

Kasigar Ditlantas Polda Jateng Kompol Indra Hartono saat memimpin sosialisasi mengungkapkan, penggunaan kamera drone dalam penegakan hukum sangat efektif karena bisa menjangkau jarak cukup jauh.

"Dalam waktu kurang lebih lima menit ini, sudah mendapatkan lebih dari sepuluh pelanggar," jelas Kompol Indra yang saat itu juga didampingi Kanit V Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng AKP Agista Ryan Mulyanto dan Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono. 

Adanya sosialisasi ETLE Mobile-Drone diharapkan masyarakat akan lebih tertib dalam berkendara, karena dalam waktu dekat penggunaan pesawat drone untuk penegakan hukum akan segera dilaunching Polda Jateng.

Ditlantas Polda Jateng akan memberikan pelatihan kepada para personel Sat Lantas Polres jajaran untuk dijadikan pilot drone dalam pengoprasian alat tersebut. 

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono menambahkan, agar warga masyarakat selalu patuh terhadap Undang-Undang Lalu-lintas untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu-lintas (Kamseltibcarlantas) di Kebumen. 

Apalagi saat ini Polres Kebumen masih menggelar Operasi Zebra hingga 17 September 2023 mendatang, sehingga dukungan masyarakat sangat penting sekali. 

"Tujuan operasi kepolisian (Operasi Zebara) yang kita laksanakan untuk menekan angka kecelakaan. Sehingga kami butuh dukungan masyarakat untuk mensukseskan operasi yang kita gelar," kata AKP Tejo.

Berdasarkan data dari Posko Operasi Zebra Candi 2023 Polres Kebumen, selama operasi berlangsung, Satlantas Polres Kebumen telah melakukan penilangan sebanyak 861, dan 3.259 pelanggar lainnya dilakukan teguran. (mat/res)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post