Bersama Kampus Mengajar, Duta Literasi Kabupaten Kebumen Ajak Pelajar SDN 2 Kertodeso untuk Berliterasi

Siswa SDN Kertodeso antusias mengikuti kegitan Duta Literasi (foto:Hammam)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Bertepatan dengan rangkaian acara Festival Anak Bangsa yang diselenggarakan oleh kampus mengajar, Duta Literasi Kabupaten Kebumen turut memeriahkan acara dengan mengadakan kegiatan sosialisasi sebagai langkah awal dalam menggembangkan minat baca pada siswa. Sosialisasi ini menjadi sosialisasi perdana bagi Duta Literasi Kabupaten Kebumen dalam periode tahun 2023 yang dilaksanakan di SDN 2 Kertodeso, Kamis, 26 Oktober 2023

 

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi Kepala Bidang Perpustakaan Disarpus Kebumen Setiya Birawa, Kepala SD N 2 Kertodesao beserta guru, mahasiswa kampus mengajar dan duta literasi kabupaten serta diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai 6.

 

Dalam sosialisasinya mengenai literasi membaca, Nabila Ajeng Indriana, salah satu anggota Duta Literasi Kabupaten Kebumen menyampaikan mengenai penerapan dan pentingnya membaca khususnya bagi pelajar SD. Hal tersebut disambut antusias oleh para peserta.

 

“Contohnya saat adik-adik mau menghadapi ulangan tengah semester, tentunya adik-adik juga butuh membaca buku materi kan agar bisa mengerjakan soal dengan lancar,” paparnya.

 

Disisi lain, Andhrea Haning Saputry dan Windifo Diega juga turut memaparkan mengenai literasi numerasi dan literasi digital. Dimana dalam materi tersebut, siswa diajarkan untuk memanfaatkan era digital ini untuk mengakses literasi dengan mudah dan bijak.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Disarpus Kebumen Setiya Birawa berharap kegiatan sosialisasi dan sumbangan buku tersebut dapat meningkatkan minat baca siswa sehingga terbangun budaya literasi di masyarakat.

 

"Keberadaan Duta Literasi ditengah-tengah masyarakat dan pelajar diharapkan dapat meningkatkn minat baca sehingga terbangun budaya yg literasi di masyarakat,"ucapnya

 

Selain kegiatan sosialisasi dari Duta Literasi, Disarpus Kabupaten Kebumen juga menyediakan layanan perpustakaan keliling dengan berbagai buku bacaan yang dapat dibaca oleh siswa. Seluruh siswa berbondong-bondong menyambut perpustakaan keliling tersebut. Acara ditutup dengan pemberian buku dari Disarpus Kebumen untuk SDN 2 Kertodeso. (BK/Nisa)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post