Awak Media di Kebumen Siap Menjaga Kondusifitas Pemilu 2024


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Menjelang pergelaran pemilu 2024, semua diminta untuk menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing. Termasuk para awak media di Kabupaten Kebumen pun siap menjaga kondusifitas kesejukan kamtibmas melalui pemberitaan selama tahapan pemilu hingga usai. 

Di hadapan Kapolres Kebumen, wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen melakukan deklarasi pemilu damai.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan salah satu rumah makan di Kebumen mengungkapkan, deklarasi pemilu damai sebagai bentuk saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai demokrasi, Kamis 26 Oktober 2024.

Dalam mewujudkan pemilu damai dan bermartabat, diungkapkan Kapolres, media sangat erat kaitannya sebagai fungsi kontrol pembangunan dan colling system di setiap situasi.

"Dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, kami (Polres Kebumen) tidak bisa dilakukan sendiri. Karena rekan-rekan awak media sebagai sarana fungsi kontrol," jelas AKBP Burhanuddin yang saat itu didampingi PJU Polres Kebumen. 

Selanjutnya menurut Kapolres, para awak media harus lebih peka dalam menerima informasi. Awak media harus bisa menyajikan informasi yang berimbang dan jauh dari informasi hoax.

Polres Kebumen siap menjadi alat konfirmasi jika ditemukan informasi simpang-siur di tengah masyarakat. Awak media diminta tak segan melakukan konfirmasi kepada Polres Kebumen agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat bisa lebih mendinginkan situasi. 

Menurut Kapolres, awak media tidak gegabah dalam menerima informasi, apalagi dari sumber yang belum bisa dipertanggungjawabkan. 

"Adanya deklarasi ini, bentuk komitmen para awak media di Kebumen siap mengawal Kebumen melalui pemberitaan yang menyejukan," pungkas Kapolres. 

Hal yang sama diungkapkan Ketua PWI Kabupaten Kebumen Ondo Supriyanto, melalui deklarasi yang dilakukan, ke depan awak media bisa lebih menjadi "penjernih" informasi yang beredar di masyarakat. 

Menurutnya, awak media harus melalui kaidah jurnalistik saat mengumpulkan informasi dan menyajikan kepada masyarakat. 

"Kami berharap wartawan-wartawan di Kebumen tetap menjaga proses jurnalistik yang bermartabat, berimbang dan mematuhi kode etik jurnalistik," jelas Ondo Supriyanto. (res)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post