Diduga Ada Kecurangan Pemilu, KPU Kebumen Digerudug Masa saat Rapat Pleno Terbuka

Aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Kebumen. (foto: istimewa)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Kantor KPU Kebumen di Jalan Arumbinang Nomor 14 Kebumen digerudug massa yang tergabung dalam Kanal Revolusi dan Demokrasi Kebumen saat berlangsung Rapat Pleno Terbuka, Rabu (28/2/2024).

Mereka berunjuk rasa menyuarakan dugaan kecurangan pemilu dengan membentangkan spanduk berisi kecaman terhadap KPU atas dugaan pelanggaran pemilu secara terstruktur, masif dan sistematis di depan gedung.

"Apapun bentuk kecurangan pemilu adalah kejahatan. Konteks ini kejahatan konstitusi," kata orator dalam aksi Sujud Sugiarto.

Mereka berorasi sekitar 30 menit dengan menyuarakan keresahan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Ada beberapa hal terkait konflik kepentingan di kecamatan. Terkait pelanggaran sudah saya sampaikan ke intansi terkait," ucap Sujud.

Sujud menegaskan, aksi digelar tanpa ada tendensi dari peserta pemilu manapun. Bahkan, kata dia, hanya sekadar cetak spanduk saja peserta rela urunan. Lebih lanjut, dia meminta agar KPU tidak main mata dengan pesert pemilu. Kemudian dapat menjalankan tugas dan funsi sesuai aturan berlaku. "Kami tulus itu uang dari jual gabah, bukan dari paslon. Kami datang kesini tidak ada muatan politik," ujarnya.

Sujud memastikan, aksi serupa akan kembali digelar bahkan berpotensi melibatkan masa lebih besar, manakala KPU nekat melakukan pelanggaran. Petuga KPU, kata dia, harus menunjukkan integritas dan kejujuran dalam setiap tahapan pemilu. "Jangan ada sedikitpun kecurangan. Kami siap membedah, baik di meja hukum maupun di jalanan," ungkapnya.

Ketua KPU Kebumen Dzakiatul Banat tampak menemui para demonstran. Ia mengatakan, sejauh ini petugas penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten hingga desa telah menjalankan tugas sesuai koridor. Ia pun menampik terhadap segala tuduhan kecurangan yang dialamatkan kepada KPU Kebumen.

"Pada intinya saya setuju bahwa integritas itu penting. Dan kami berterimakasih kedatangan bapak ibu sekalian mengingatkan agar kami memegang teguh intergritas," jelasnya.

Unjuk rasa tersebut berlangsung damai dan mendapat pengamanan ketat dari personel Polres Kebumen dan Kodim 0709/Kebumen.

(mat/radarjogja)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post