Digelar Tahun ini, Pendaftaran Pemantau Pilkada Telah Dibuka


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pesta demokrasi di Kabupaten Kebumen nampaknya belum akan berahir tahun ini. Estafet, usai Pilpres dan Pileg, Pilkada di Kabupaten Kebumen dijadwalkan bakal digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Gelaran Pilkada pada November mengacu pada  Peraturan Komisi Pemiluhan Umum (PKPU) Nomor 2  tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Tahapan Pilkada 2024 sudah mulai berjalan. Agenda  saat ini yakni pendaftaran Pemantau Pilkada. 

Komisioner Bidang Sosdiklih Parmas SDM KPU Kebumen Muhammad Sobir menyampaikan pendaftaran Pemantau Pilkada digelar mulai 27 Februari hingga 16 Maret 2024 mendatang. 

"Dalam hal ini lembaga masyarakat yang hendak menjadi pemantau pelaksanaan pilkada dalam mendaftarkan diri ke KPU," ujar Muhammad Sobir.

Ia menjelaskannya, pemantau pilkada merupakan bagian dari partisipasi  aktif masyarakat dalam pelaksanaan pilkada. Dalam hal ini adanya pemantau semakin menyempurnakan pelaksanaan demokrasi.

“Silahkan lembaga masyarakat yang akan mendaftar sebagai pemantau dapat langsung datang ke KPU Kebumen,” jelasnya.

Adapun tahapan pelaksanan pilkada selanjutnya yakni untuk pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dilaksanakan pada 31 Mei hingga 23 september 2024 mendatang. Pemenuhan dan persyaratan dukungan pasangan calon perserangan pada 5 Mei hingga 19 Agustus 2024 mendatang.

“Sedangkan untuk pengumuman pendaftaran pasangan calon dijadwalkan pada 24 Agustus hingga 26 Agustus 2024 mendatang. Untuk pendaftaran pasangan calon dilaksanakan pada 27 hingga 29 Agustus 2024,” paparnya.

Tahap selanjutnya, lanjut Sobir yakni penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024. Penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 22 September 2024. Kampanye pada 25 September hingga 23 November 2024. Sedangkan pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024.

“Setelah menyukseskan pelaksanaan pemilu yakni Pilpres dan Pileg, marilah kita bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkada. Gunakan hak pilihnya dengan baik. Kita sambut pesta demokrasi pilkada dengan baik,” ucapnya. 

(mat/ekspres)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post