Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Tim Abdimas UPB Gelar Pelatihan Digital Marketing dan Pengemasan Produk

Rektor UPB Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. dan Rois Syuriah PCNU Kebumen saat pembukaan pengabdian masyarakat (foto:Agm)
 

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Tim abdimas UPB menggelar pelatihan yang berfokus pada Digital Marketing dan Pengemasan Produk, kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat agar usaha masyarakat semakin berkembang, penghasilan meningkat dan mempunyai keberlanjutan usaha. Acara ini dilaksanakan di Gedung G3F Universitas Putra Bangsa, Sabtu, 2 Maret 2024.

 

Pembukaan kegiatan abdimas di hadiri oleh Rektor Universitas Putra Bangsa Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M., Rois Syuriah PCNU Kebumen KH. Afifuddin bin Chanif Al Hasani, Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen yang diwakili K. Muhiban, S.Ag., M.Pd, Ketua LP3M UPB Dr. Harini Abrilia Setyawati, S.E., M.Si, Ketua tim pengabdian M. Baehaqi, S.E.,M.M. dan seluruh tim pengabdian masyarakat.

 

“Pengabdian ini sebenarnya dimulai dari sebuah studi lapangan pada perekonomian masyarakat. Karena fenomena yang terjadi itu kan munculnya banyak sektor informal yang tumbuh berkembang pasca pandemi. Nah, dari hasil itu, ternyata memang sektor tata boga atau sektor kuliner itu yang paling dominan. Dan setelah dari pengamatan -pengaman itu, ketika kita minta respon pada masyarakat, sektor mana yang paling diminati? Ternyata memang sektor kuliner” Ungkap Ketua Tim Pengabdian M. Baehaqi disela sela kegiatan.

 

M. Baehaqi menambahkan bagaimana agar sektor informal ini bisa berkembang sehingga suatu studi kemudian dilakukan, yang intinya adalah kami dari akademisi atau dari kalangan perguruan tinggi, mendorong bagaimana agar usaha ini bisa berkembang dan bisa berlanjut sehingga pengabdian ini kemudian menghadirkan beberapa kegiatan yang salah satunya adalah pelatihan pada hari ini.

 

“inti dari pelatihan ini adalah nanti agar membekali peserta, setelah itu peserta difasilitasi untuk proses perkembangan usahanya dalam hal ini ada tempat di mana itu sebagai toko atau outlet untuk produk-produk yang mereka sudah punya kemudian juga ada tempat untuk produksi dan kami dari tim pengabdian mendampingi selama proses itu” Tambah M. Baehaqi

 

Peserta antusias mengikuti kegiatan pelatihan (foto:DR)

Lebih lanjut M. Baehaqi menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian tidak hanya sampai pada pelatihan hari ini saja, kegiatan berikutnya kita lebih kearah pendampingan perekonomian masyarakat khususnya dalam hal ini adalah pada bisnis kuliner dikalangan ibu-ibu dan remaja-remaja nahdliyin dan para aktivis-aktivis fatayat juga muslimat NU.

 

“Saya berharap dari kegiatan abdimas ini perekonomian masyarakat semakin tumbuh, usaha mereka berkembang, penghasilannya meningkat dan mereka punya kontinuitas usaha dan itu ada keterlibatan dari kami tim abdimas Universitas Putra Bangsa yang dalam hal ini juga didukung oleh PCNU Kebumen dan disupport oleh CSR dari PT Pertamina” Harapnya. (BK/DR)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post