-->

Saturday, May 9, 2020

Tidak Kurang dari 27.000 lebih Keluarga, Menerima Bantuan Sosial Tunai

Tidak Kurang dari 27.000 lebih Keluarga, Menerima Bantuan Sosial Tunai

BERITAKEBUMEN.CO.ID - Efek Pandemi Covid-19 memang sangat terasa, terutama disektor ekonomi, ini berhubungan dengan penghasilan yang didapat oleh masyarakat. Pemerintah Kabupaten Kebumen pun mulai mencairkan bantuan untuk Warganya yang terdampak Pandemi. 

Tidak Kurang dari 27.000 lebih Keluarga, Menerima Bantuan Sosial Tunai

Bagi warga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sekarang sudah bisa bernafas lega. Pada jumat (8/5) merek mulai menerima program bantuan dari Pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat yang terdampak pandemi corona (COVID-19). 

Tidak kurang dari 27.000 lebih keluarga, menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI senilai masing-masing Rp 600 ribu. Kantor Pos Kebumen sendiri menjadi tempat penyaluran BST untuk 21.736 keluarga penerima bantuan.

Penyaluran bantuan melalui Kantor Pos Kebumen tersebut mendapat perhatian dari Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz yang datang untuk memantau secara langsung ke lokasi. 

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat," ujar Bupati.

Data penerima BST dari Kemensos RI berasal dari Pemerintah Pusat sehingga bukan ditentukan oleh Pemerintah Daerah sendiri apalagi oleh Desa. 

Bagi yang terdampak Covid-19 belum menerima, akan melalui program lain


Dan bagi masyarakat yang belum menerima bantuan, akan diupayakan melalui program lain seperti BLT Dana Desa. Namun, proses pencairan bantuan akan berbeda waktunya.

Proses pencairan bantuan yang dilaksanakan juga dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi corona, yakni dengan dibuat berjarak, sehingga masyarakat akan tetap aman.  

Hal ini juga dijelaskan Kepala Kantor Pos Kebumen Hendi Nugroho, pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Dengan banyaknya calon penerima bantuan, penyaluran akan dijadwalkan selama satu pekan ke depan. Tahap pertama ini diharapkan dapat tersalurkan BST dengan baik kepada masyarakat.

“Syarat pengambilan harus membawa identitas diri dan Kartu Keluarga asli. Bagi yang berhalangan dapat diwakilkan keluarga yang masih dalam satu KK dengan penerima,” ucapnya. 

Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen sebanyak 27 Kasus


Perlu diketahui juga bahwa hingga saat ini, jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen mencapai 27 kasus, dengan rincian dirawat ada sebanyak 17 orang, untuk yang berhasil sembuh ada sebanyak 8 orang, sedang 2 orang meninggal dunia. 

Kemudian untuk jumlah Pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Kebumen totalnya saat ini 153 dengan rincian, 14 Pasien meninggal dunia tanpa hasil Lab, 41 telah pasien selesai pengawasan, 74 pasien dengan hasil Lab negatif dan 24 Pasien masih dalam pengawasan. 

Untuk Orang dalam pemantauan (ODP) totalnya ada 2.638 dengan rincian 170 masih dalam proses pemanrauan dan 2.648 orang telah selesai pemantauan. 

Hingga saat ini, total pendatang yang ke Kebumen sendiri tercatat ada sebanyak 64.822. (Bk02/Yog)

Src. corona.kebumenkab.go.id/

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2009-2020 Berita Kebumen | All Right Reserved