Pandemi Covid-19, Serah Terima Mahasiswa KKN T IPB 2021 Dilakukan Secara Online


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Situasi pandemi Covid-19 tidak menghalangi kegiatan serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN T) IPB 2021 yang digelar pada Kamis (1/7) secara online melalui aplikasi zoom meeting

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN T) merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa hidup ditengah masyarakat di luar kampus yang secara langsung bersama – sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah pertanian dalam arti luas, lingkungan serta masalah pembangunan lainya. 

Penyerahan mahasiswa KKN T IPB 2021 diwakili oleh Dr. Ir. Anna Fariyanti, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Sedangkan penerimaan mahasiswa KKN T IPB diwakili oleh Ir. Hj Siti Kharisah, MM selaku Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan. 

Kegiatan serah terima mahasiswa IPB dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kebumen, Kasubid Pembangunan Manusia Kabupaten Kebumen, Para Camat di Kabupaten Kebumen, Para Kepala Desa di Lokasi KKN T IPB Kabupaten Kebumen, Para Dosen Pembimbing Lapang dan yang lainya. 

Pada program KKN T IPB periode Juni – Agustus 2021 mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Techno Socio Entrepreneurship Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdg’s) Pada Masa Pandemi Covid-19”. 

Kegiatan KKN T yang dilakukan ditengah pandemi Covid-19 harus menunjung tinggi protokol kesehatan yang ada untuk mencegah penularan virus yang tidak diinginkan. 

“Terkait penanganan pandemi Covid-19 ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan bukan hanya masalah kesehatan tetapi juga ekonomi, pendidikan, ketahanan sosial dan lain – lain, untuk itu saya berharap kehadiran KKN T IPB ini dapat memberikan sebuah solusi dan inovasi atas permasalahan yang ada” ungkap H. Arif Sugiyanto, S.H selaku Bupati Kebumen melalui surat yang dibacakan oleh Ir. Hj Siti Kharisah, MM. 

Selain kegiatan serah terima mahasiswa KKN T IPB juga dilakukan kuliah pembekalan potensi wilayah oleh Bappeda Kabupaten Kebumen yang diwakili Umi Hajarotun, SIP, MM dan pemaparan program kerja KKN T IPB 2021 oleh masing – masing kelompok. 

Ada 4 kelompok KKN T IPB 2021 yang tersebar di Desa Sidoharjo, Desa Kedungwinangun, Desa Pejagatan dan Desa Ngabean. Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang sedang naik membuat program – program KKN T IPB harus menyesuaikan dengan situasi yang ada dan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 
(Indri Mariska)


Previous Post Next Post