600 Lebih Alsintan dan 747 Hewan Ternak Dibagikan untuk Gapoktan dan KTT di Hari Kemerdekaan


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Upacara peringatan HUT RI ke 78 yang berlangsung di Pendopo Kabumian pada 17 Agustus 2023 tahun ini tampak berbeda karena diikuti ratusan petani dan peternak yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan kelompok tani ternak (KTT).

Usai upacara, mereka mendapat bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) dan hewan ternak berupa sapi dan kambing yang diserahkan langsung oleh Bupati Arif Sugiyanto. 

Bupati menyatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah terhadap petani dan peternak. Terlebih di tengah banyak persoalan kelangkaan pupuk, dan juga penyakit hewan menular.

"Hari ini alhamdulillah kita bisa menyerahkan bantuan ratusan Alsintan untuk para Gapoktan dan bantuan ternak untuk KTT yang ada di Kebumen. Seiring kemajuan zaman, para pertani kita memang harus dibekali dengan alat-alat pertanian yang modern, agar hasilnya maksimal," ujar Bupati.

Bupati menyebut, para petani dan peternak sengaja dihadirkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI karena kehadiran masyarakat bisa mendorong semangat pemerintah dalam bekerja. Kemudian pemerintah bisa langsung mendengarkan apa yang menjadi keluhan mereka.

"Jadi semangatnya adalah bagaimana petani dan peternak kita bisa maju, bisa sejahtera, hasil petanian dan ternaknya meningkat. Tentu semangat dan perjuangan dari mereka ini yang perlu kita dengar, dan kita perjuangkan, sehingga mengapa kita hadirkan di sini," jelasnya.

Bantuan tersebut bersumber dari anggaran APBD dan Dana Alokasi Umum (DAU), dan merupakan aspirasi dari anggota DPR RI 

Darori Wonodipuro. Beberapa alsintan juga merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kebumen beberapa bulan lalu.

"Saya harap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan petani dan peternak di Kebumen. Bantuan mesin pertanian untuk petani kita cukup banyak, dan alhamdulillah panen padi kita selalu surplus, ini yang terus kita dorong agar ke depan petani dan peternak kita semakin maju," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Teguh Yuliono menambahkan, bantuan hibah alsintan diserahkan kepada 286 kelompok tani/gapoktan yang berjumah 631 unit terdiri dari :

1. Cultivator : 85 unit
2. Hand Sprayer : 303 unit
3. Power Thresser : 14 unit
4. Corn Sheller : 1 unit
5. APPO : 3 unit
6. Pompa Air 3 inch : 105 unit
7. Pompa Air 4 inch : 10 unit
8. Pompa Air 6 inch : 6 unit
9. Traktor Roda Dua : 88 unit
10. Traktor Roda Empat : 6 unit
11. Alat Penyiang Gulma : 7 unit
12. Kendaraan Roda Tiga : 2 unit
13. Combine Harvester Besar : 1 unit

Sedangkan bantuan hibah hewan ternak diserahkan kepada Kelompok Tani Ternak (KTT) sejumlah 747 ekor terdiri dari :

1. Sapi : 133 ekor
2. Kambing Jantan : 99 ekor
3. Kambing Betina : 515 ekor

"Untuk bantuan ternak secara simbolis kita serahkan sebanyak 30 ternak, adapun untuk yang alsintan kita serahkan semua hari ini di moment peringatan HUT RI ke 78,"ujar Teguh. (kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post