Menurun karena Dampak Teknologi, Tim KKN UNS Bangkitkan Kembali Minat Baca Siswa Melalui Perpusling

Siswa antusias memilih buku bacaan di perpusling. (Foto:Shela)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Perkembangan teknologi rupanya tidak serta merta berdampak positif, khususnya dalam mendukung berkembangnya minat baca generasi muda.  Padahal membaca merupakan bagian penting dari jalannya proses pendidikan. Baik pendidikan di tingkat dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Sayangnya, di era digital saat ini, minat baca siswa perlahan justru mulai berkurang yang seakan tergantikan oleh kecanggihan teknologi.

Menyadari hal itu, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kelompok 143 Desa Karangsari berinisiatif menggiatkan perpustakaan keliling (perpusling) sebagai salah satu program kerja KKN. Hal itu dilakukan sebagai upaya melatih dan membiasakan siswa dengan kegiatan positif agar terhindar dari dampak negatif teknologi. 

Program kerja perpustakaan keliling tersebut dilaksanakan  pada Rabu, 9 Agustus 2023 di halaman SD Negeri 2 Karangsari Kebumen dengan menggandeng Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen. 

Menurut Ketua KKN UNS kelompok 143, Gayuh Adi Nugroho, kegiatan perpustakaan keliling memberikan pengalaman membaca yang berbeda bagi siswa. 

"Kegiatan perpustakaan keliling ini memiliki peranan penting dan memiliki banyak manfaat salah satunya membuat pengalaman membaca menjadi berbeda karena dirangkai dengan bermacam-macam kegiatan sehingga tidak membosankan." katanya.

Perpusling di SD Negeri 2 Karangsari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen ini diikuti sekitar 117 siswa. Mereka terlihat sangat antuasias dan menikmati berbagai koleksi buku bacaan yang telah tersedia. 
Tim KKN UNS Kelompok 143. (Foto:Shela)


Kepala SD Negeri 2 Karangsari, Titi Lestari, mengungkapkan bahwa kegiatan perpustakaan keliling bagus untuk menarik minat baca.

"Perpustakaan keliling ini bagus untuk menarik minat baca siswa, minimal siswa tertarik mengambil buku dulu, mudah-mudahan anak mau membaca dan dapat memahami isi dari buku yang dibaca" ujar Titi Lestari.

Para siswa pun merasa senang dengan kehadiran mobil perpustakaan keliling di sekolahnya. "Rasanya sangat senang bisa membaca dengan pilihan buku yang sangat banyak dan menarik.” kata Waffa, salah satu siswa kelas 4.

Tidak hanya kegiatan membaca, tim KKN UNS kelompok 143 juga merangkai kegiatan perpusling dengan menambah kegiatan nobar (nonton bareng) dan mendongeng yang membuatnya lebih menarik dan berkesan.  

Seperti yang diungkapkan Saffa, siswa kelas 2 yang  mengaku bahwa kegiatan perpustakaan keliling ini merupakan pengalaman berkesan dan pertama kali bagi dirinya. 

"Ini merupakan pengalaman pertama kali, buku-buku yang tersedia di perpusling sangat banyak. Selain membaca buku kami juga menonton film dan mendengarkan dongeng." ujarnya.

Kegiatan perpusling ini mendapat apresiasi positif. Pihak sekolah pun berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut sehingga membaca tidak hanya sekedar mau tetapi bisa menjadi kebiasaan bagi siswa. 
(shela/mat)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News


Previous Post Next Post