Alun-Alun Pancasila Kebumen Ditarget Bisa Digunakan Awal Tahun


KEBUMEN, beritakebumen.co.id -  Proses pembangunan Alun-alun Pancasila Kebumen hingga saat ini masih terus berjalan. Bahkan dikebut pengerjaannya  siang malam.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, renovasi atau pembangunan Alun-alun Kebumen termasuk 10 proyek strategis Pemerintah Daerah yang tengah digarap tahun ini. Pihaknya terus mengawal dan memastikan semua proyek yang tengah dikerjakan berjalan lancar sesuai target perencanaan.

"Alun-alun Kebumen termasuk salah satu proyek strategis yang Insya Allah sudah bisa digunakan pada awal tahun 2024. Kita renovasi agar bisa  lebih estetik dengan menambah fasilitas-fasilitas baru," ujar Bupati saat meninjau jalannya pembangunan Alun-alun  didampingi Sekda Edi Rianto, Minggu (12/11).

Yang tampak begitu nyata, tutur Bupati, adalah adanya kapal yang diberi nama Mendoan (Mangan Enak Karo Dolan). Kapal ini nantinya untuk menampung para PKL yang tadinya berjualan di kawasan alun-alun agar bisa ditata lebih rapi.

"Konsep dari pembangunan alun-alun di antara tujuannya memang untuk menata para PKL. Kita ingin buat kota ini terlihat lebih rapi, maka kita buatkan kapal sebagai pusat kuliner di jantung kota, seperti halnya kota-kota besar yang sudah lebih dulu melakukan penataan," ucapnya.

Bupati memastikan semua pedagang yang menempati Kapal Mendoan nantinya tidak dikenakan sewa lapak. Hanya bayar retribusi. Kemudian selain itu, pembangunan alun-alun ini juga akan ditambah area untuk lari atau joging track serta penambahan dua panggung hiburan.

"Kita buat alun-alun lebih lebar karena area parkir nanti masuk ke dalam. Kemudian kita buat dua panggung hiburan. Ada jalur lari, ada fasilitas toilet, tempat bermain, serta ada taman-taman yang bisa digunakan untuk bersantai," ucapnya.

Pembangunan Alun-alun Kebumen direncanakan sampai 2024. Terutama untuk pembangunan kapal dan joging track, untuk sementara pada tahun ini hanya bisa diselesaikan separuh. Kemudian akan disempurnakan pada 2024. (mt/kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post