Sirup Kelor, Herbal Alternatif Manis Menyehatkan

 


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Sirup Jahe Kelor berlabel "888" berlokasi di Jetis, Desa Kutosari, Kab. Kebumen. Berbekal resep jamu dari sesepuh. Rifa seorang ibu rumah tangga yang  awalnya hanya iseng belajar resep jamu hingga akhirnya ciptakan sirup Jahe Kelor minuman herbal bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, menyegarkan badan dan redakan nyeri. 

Sekitar tahun 2018 sempat belajar resep ramuan jamu, akan tetapi sudah lama tidak dipraktekkan. Sewaktu setiap bangun tidur kaki terasa sakit dan setiap pulang dari bekerja badan rasanya lemas ingin sembuh tetapi tidak suka obat. 


“Karena sering setiap saya bangun tidur kakinya sakit, berawal dari teman saya yang ngasih tahu untuk minum ini bu rebusan daun kelor atau bisa juga dimasak menjadi sayur. Karena bosen ya kalau hanya dibuat sayur, jadi dibuatlah minuman karena memang dasarnya sudah bisa buat jamu. Kemudian dipadukanlah dengan jahe yang dirasa cocok, akan tetapi masih dalam bentuk wedang, selang waktu satu minggu ditekuni minum wedang jahe kelor alhamdulillah sembuh,” jelas Rifa.


Dari sinilah minuman seduh dari olahan jahe dan daun kelor disulap oleh Ibu Rifa menjadi Sirup sehingga dapat terjaga keawetan produk dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan anak-anak sampai dewasa. Mulai dipromosikan dengan mengikuti event-event dari dinas pemerintah, sempat mendapat juara penghargaan inovasi minuman herbal alternatif. Dari sinilah Sirup Jahe Kelor mulai dikenal oleh masyarakat.


“Tahun 2019, kelor ini kan lagi booming menjadi obat yang langka di masa Covid. Sempat ada tetangga saya, batuk sedikit dan takut dikira Covid, alhamdulillah setelah minum Sirup Jahe Kelor ini jadi enakan tenggorokannya badan juga jadi mendingan,” ujar Rifa.


Dengan seiring berjalannya usaha, Ibu Rifa sering kali mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Kabupaten Kebumen. Berkembanglah usaha ini, dibuatlah Sirup Jahe Kelor dengan kemasan sachet dan botol. Selain Jahe Kelor, Ibu Rifa juga memproduksi Kunyit Asam, Beras Kencur,Kunir Sereh, Temulawak, Empon-empon dan Lemon Telang.

Oleh : Isnatun Kuntaromah (Mahasiswa Universitas Putra Bangsa)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News

Previous Post Next Post