Sunday, April 12, 2020

Petugas Posko Check Point Mendapat Suplay Vitamin

Petugas Posko Check Point Mendapat Suplay Vitamin

BERITAKEBUMEN.CO.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen melakukan berbagai hal dalam mengantisipasi penyebaran wabah virus corona. Salah satunya dengan mendirikan Posko Check Point di 6 lokasi perbatasan Kebumen sejak 2 April 2020 lalu.

Setiap giliran jaga, petugas posko harus memantau ratusan bahkan ribuat kendaraan yang melintas dan memeriksa para penumpangnya.

"Dengan kerja keras itu, kami harus mengantisipasi agar stamina mereka terjaga dan mencegah tertular virus apabila ada ODP (orang dalam pemantauan) atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19 yang menjadi obyek pemantauan mereka," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kebumen, RI Ageng Sulistyo Handoko SIP, di Kebumen, Minggu (12/04/2020).

Salah satu cara menjaga stamina petugas Posko Check Point yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen adalah dengan memberikan mereka Vitamin C yang harus dikonsumsi saat bertugas.

"Dengan tugas yang harus menghadapi banyak orang tentu mengandung resiko tersendiri. Di samping faktor lelah secara fisik, juga beresiko tertular virus bila menghadapi ODP atau PDP yang sudah terinveksi virus," ujar Ageng.

Bagi warga yang suhu tubuhnya di bawah 38 derajat Celcius diberi gelang biru, sedangkan yang suhu tubuhnya 38 derajat atau lebih dikenakan gelang merah.

Petugas menjaga jarak aman dengan warga yang dipantau serta menggunakan APD (alat pelindung diri) sebagai upaya antisipasi menghadapi ODP atau PDP yang suhu tubuhnya 38 derajat Celcius atau lebih.

Petugas juga harus selalu menjaga kesabaran menghadapi para obyek pemeriksaan dengan sapa yang santun.

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2019 Berita Kebumen | All Right Reserved