Waspada! Cuaca Ekstrim 15 Hingga 17 Desember


BERITAKEBUMEN.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memprakirakan adanya potensi cuaca ekstrim di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo mengatakan berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer, menunjukkan masih adanya shear line (belokan angin) di wilayah Jawa Tengah. 

Beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah, ujarnya dalam keterangan rilis yang diterima, Senin (14/12/2020). Berdasarkan kondisi tersebut, Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode 15-17 Desember, potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah. 

Tanggal 15 Desember 2020, pihaknya memperkirakan potensi cuaca ekstrem bakal terjadi di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Semarang, Salatiga, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Surakarta, Demak, Pati, Rembang, Kudus, Purwodadi, Blora, Cepu dan sekitarnya. 

Untuk Tanggal 16 Desember 2020, potensi cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Cilacap, Purwokerto, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Semarang, Salatiga, Ambarawa, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Purworejo, Demak, Karanganyar, Surakarta, Pati, Rembang, Kudus, Purwodadi, Blora, Cepu dan sekitarnya, ujarnya. 

Tanggal 17 Desember 2020, potensi cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di Brebes, Tegal, Pekalongan, Banyumas, Purwokerto, Demak, Pati, Jepara dan sekitarnya. Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lainnya. Serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, katanya.

---------

Post a Comment

Previous Post Next Post