16 Wisata Pantai yang Eksotis di Kebumen Ternyata Rawan Bencana


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Kabupaten Kebumen secara geografis memiliki bentang pantai sepanjang 57,8 kilometer. Beberapa diantaranya telah dibuka sebagai tempat pariwisata, sebagainnya lagi belum.

Sedikitnya ada 16 pantai yang telah menjadi tempat wisata di Kebumen diantarannya Pantai Pedalen,Pantai Karangbolong, Pantai Pacaron, Pantai Surumanis, Pantai Watu Bale Pantai Bocor dan Pantai Suwuk. Selain itu terdapat pula Pantai Petanahan, Pantai Logending, Pantai Sawangan, Pantai Wedi Putih, Pantai Bopong, Pantai Gebyuran, Pantai Lampon, Pantai Laguna serta Pantai Menganti.

Akan tetapi selain potensi wisata yang sangat luar biasa, bentangan pantai di Kebumen sepanjang 57,8 kilometer ini juga mempunyai potensi perekonomian yang sangat besar.

Hal itu terungkap saat acara Penyerahan Peta Kerawanan Bencana Tsunami di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin (24/5/2021). 

Kepala Stasiun Geofisika Semarang Kasno menyerahkan peta kerawanan bencana tsunami level kecamatan kepada Kabupaten Kebumen yang diterima oleh Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih.

Kasno berharap Pemkab Kebumen akan memfollow-up dengan kegiatan mitigasi kebencanaan kepada masyarakat. Hal tersebut dinilainya sangat penting mengingat bencana terutama gempa bumi tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

Bupati Kebumen H Arif Sugianto, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wabup Ristawati menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Stasiun Geofisika Semarang. Disampaiakan pula Kebumen telah, sedang dan akan terus melakukan upaya-upaya konkret untuk meminimalisir dampak potensi bencana yang ada. 

Dalam acara yang dihadiri Kadinas Kominfo, Plt Kalak BPBD, Pejabat TNI dan Polri itu, juga disampaikan Credential (User dan Password) Aplikasi Sirens for Rapid Information On Tsunami Alert (SIRITA).

Dimana SIRITA adalah aplikasi berbasis Telepon Seluler yang memudahkan BPBD setempat dalam memberikan instruksi kepada masyarakat/user untuk melakukan evakuasi bilamana terjadi Tsunami.
Previous Post Next Post