Mudahnya Bikin SKCK Secara Online, Begini Caranya


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pembuatan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian diprediksi akan meningkat seiring adanya pembukaan seleksi CPNS dan PPPK atau keperluan lain.

Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) berkomitmen mempermudah proses pengurusan SKCK. Salah satunya dengan membuka layanan pembuatan SKCK secara online.

Prosedur pembuatan skck secara online pun cukup mudah. Namun alangkah baiknya untuk mempersiapkan dahulu scan dokumen pribadi yang diperlukan, seperti pas foto, scan KTP, KK, dan akta kelahiran.

Prosedur pembuatan SKCK Online sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi SKCK Online pada skck.polri.go.id.
  2. Klik Form. Pendaftaran yang ada di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih jenis keperluan, informasi wilayah, dan isikan alamat Anda.
  4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data diri.
  5. Isikan informasi ciri fisik secara detail.
  6. Unggah lampiran dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.
  7. Klik Proses, dan Anda akan mendapatkan bukti permohonan.
  8. Anda bisa mengambil SKCK di kantor polisi terdekat dengan membawa kode atau nomor registrasi yang tertera pada bukti pendaftaran.

Adapaun Syarat & Ketentuan penerbitan SKCK online ini sebenarnya pembuatan SKCK Online sama dengan pembuatan SKCK secara langsung. Bedanya, berkas yang diperlukan harus terlebih dahulu di scan untuk dijadikan file digital sehingga bisa diunggah ke sistem yang digunakan.

Namun demikian berkas secara fisik juga tetap diperlukan untuk proses konfirmasi dan pengambilan SKCK asli ketika sudah jadi.

Berkas yang perlu dipersiapkan antara lain adalah :

  1. Hasil scan KTP.
  2. Hasil scan KK asli.
  3. Hasil scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
  4. Hasil scan foto diri dengan ukuran 4 x 6 dengan background merah.
  5. Hasil scan paspor untuk WNI yang akan keluar negeri dalam rangka kunjungan, sekolah, atau keperluan penerbitan visa.

Untuk biaya pembuatan SKCK ini sendiri sama di setiap daerah di Indonesia, yakni sebesar Rp 30.000. Nantinya setelah SKCK sudah jadi, Anda bisa mengambil di kantor polisi terdekat atau yang sudah terdaftar, dengan membawa berkas-berkas pendukung sebagai konfirmasi dan verifikasi data.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat dengan SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan. Masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Tata cara permohonan untuk memperoleh SKCK dapat dilakukan dengan cara mendaftar secara langsung di loket pelayanan SKCK di setiap kantor polisi dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas, atau mendaftar secara online dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi form yang tersedia sesuai urutan.


Previous Post Next Post