Ingin Pengelolaan Keuangan Desa Transparan dan Akuntabel, Camat Kebumen Kumpulkan Sekdes dan Pengelola Siskeudes

Camat Kebumen Puji Lestari, S.Sos. MPA menggelar rakor bersama sekdes, Jum'at (13/1/2023). (Foto: Syarif)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Mengawali tahun anggaran baru 2023, Camat Kebumen beserta tim menggelar rapat koordinasi terkait Sitem Keuangan Desa (Siskeudes) online bersama Sekretaris Desa dan Pengelola Siskeudes se Kecamatan Kebumen, Jum'at (13/1/2023). 

Camat Kebumen Puji Lestari, S.Sos. MPA membuka langsung kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Kebumen. Puji Lestari dalam sambutannya menyampaikan infromasi terkait kewajiban Desa dalam laporan pertanggungjawaban APBDesa tahun 2022 kepada Bupati melalui Camat. Laporan disertai lampiran keuangan daerah diantaranya ikhtisar APB Desa. 

"Selanjutnya akan ada monev secara menyeluruh oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Kebumen beserta tim dari Mahasiswa UNS." ujar Puji Lestari.

Teknis print out laporan dari Siskeudes Online disampaikan oleh Kasi PM Ari Listioni,S.IP. Semua Desa diminta juga membuat publikasi APB Desa 2023 melalui banner di tempat-tempat strategis dan website desa dan juga progres Perubahan Pendirian BUMDES sesuai PP 11 Tahun 2021. 

Pada kesempatan tersebut, disampikan pula materi terkait Unsur Rupabumi oleh Kasi Tapem Kecamatan Kebumen.

Melalui kegatan ini diharapkan desa dapat mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Oleh karenanya desa harus memiliki pemahaman yang sama tentang keuangan dan aset desa, serta meningkatkan keterampilan dalam penerapan aplikasi Siskeudes dan mampu mendorong implementasinya.
(mat/syarif)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post