Berhasil Raih Piala Adipura, Pemkab Kebumen Berencana Batasi Kantong Plastik


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Penantian panjang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Jawa Tengah, untuk meraih Adipura ahirnya pecah telor. Pemkab Kebumen telah berhasil meraih penghargaan Adipura 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kategori Kota Sedang. 

Penghargaan di berikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong kepada Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto di Auditorium Dr Soejarwo Gedung Manggala Bakti Jakarta Pusat kompleks Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Selasa 5 Maret 2024.

Keberhasilan ini diraih Pemkab Kebumen berkat program Tata Kota Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan pengelolaan sampah yang lebih tertata.

"Alhamdulillah perjuangan Kabupaten Kebumen untuk meraih Adipura bisa terlaksana, ini menunjukkan perjuangan terus menerus dari para leluhur serta dari bupati sebelumnya, dan alhamdulillah di era kami dapat kita raih," ujar Arif.

"Tentunya ini menjadi komitmen saya selaku bupati dan jajaran serta seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan kepedulian terhadap sampah juga ruang terbuka hijau, dan juga kelestarian lingkungan, termasuk bagaimana mengelola penggunaan sampah tersebut," kata Arif.

Setelah meraih penghargaan Adipura ini, Pemkab Kebumen akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap lingkungan.

"Nanti akan kita sosialisasikan kepada masyarakat karena dengan edukasi ini sangat penting dalam rangka mendorong supaya kita jauh lebih peduli apa yang kita gunakan dan apa yang akan dibuang," tambahnya.

Bagi Arif, penghargaan Adipura merupakan kebanggaan untuk Kabupaten Kebumen. Ini juga menunjukkan bahwa masyarakat Kebumen peduli dengan lingkungan.

Rencana Batasi Kantong Plastik


Bupati mengungkapkan, ke depan pihaknya akan mengeluarkan kebijakan pembatasan kantong plastik sehingga berbelanja di swalayan dan toko modern tidak lagi boleh menggunakan kantong plastik di setiap transaksi.

"Pelaksanaan dari pada perda ini supaya lebih diaktifkan kembali, lebih di efisiensikan dan nanti kita akan kerja sama dengan Satpol PP dan aparat penegak hukum supaya penggunaan sampah khususnya plastik supaya dikurangi untuk tempat-tempat perbelanjaan modern tidak lagi boleh menggunakan sampah plastik," tutupnya.

(mat/dtk)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post