Thursday, July 2, 2020

Mahasiswa UNS Asal Kebumen Menyelenggarakan KKN Inspiratif di Desa Karangpoh

Mahasiswa UNS Asal Kebumen Menyelenggarakan KKN Inspiratif di Desa Karangpoh

Mahasiswa UNS Asal Kebumen Menyelenggarakan KKN Inspiratif di Desa Karangpoh


BERITAKEBUMEN.CO.ID - Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN merupakan bagian dari bentuk Tridharma perguruan tinggi, untuk memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah di masyarakat.

Tidak terkecuali bagi Neni Dewi Anggraeni (NIM K7117156), seorang mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS) asal Kebumen ikut memberikan kontribusinya dalam pencegahan COVID-19 di Desa Karangpoh, Kecamatan, Pejagoan, Kabupaten Kebumen.

Dibawah bimbingan Bapak Eko Supri Murtiono, S.T., M.T, Neni (panggilan akrabnya) melaksanakan program KKN secara individu di Desa Karangpoh selama 45 hari mulai 15 Mei hingga 30 Juni 2020. Program kerja yang dilaksanakan terbilang inspiratif baik dalam jaringan maupun luar jaringan.

Program dalam jaringan yang dilaksanakan berupa edukasi COVID-19 melalui jejaring sosial sedangkan luar jaringan dengan pemberdayaan ibu-ibu PKK dalam pembuatan masker, pengemasan handsanitizer, kontribusi dalam penyediaan sarana cuci tangan di Mushala hingga edukasi dengan penempelan poster di tempat umum.

Secara keseluruhan program yang direncanakan berjumlah 18 dengan menyentuh banyak sasaran seperti ibu-ibu PKK Desa Karangpoh, warga mushala, masyarakat Desa Karangpoh hingga anak-anak di Desa Karangpoh.

Tentunya dalam pelaksanaan tetap menerapkan protocol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Neni menyatakan bahwa ia berharap program tersebut dapat memberikan kebermanfaatan bagi desanya sendiri, apalagi di tengah kondisi pandemic COVID-19 yang membuat sejumlah sektor dan bidang mati suri.

Walaupun kegiatan KKN diselenggarakan secara individu di wilayah masing-masing, nyatanya tidak mengurangi rasa semangat seperti KKN yang diselenggarakan secara berkelompok. Ia mendapat berbagai dukungan dan bantuan dari berbagai pihak.

Terutama Kepala Desa Karangpoh beserta Ibu Kepala Desa yang menjabat sebagai ketua PKK Desa Karangpoh. Kegiatan ini sangat diapresiasi dan membawa hasil positif bagi masyarakat untuk lebih mematuhi protokol kesehatan yang digalakan oleh pemerintah.

Hasil membanggakan lainnya dari Desa Karangpoh adalah diberikannya penghargaan sebagai “Kampung Tangguh COVID-19” oleh Bupati Kebumen sebagai bentuk apresiasi terhadap Desa Karangpoh dan beberapa desa di Kecamatan Pejagoan atas upayanya dalam pencegahan COVID-19.

Langkah UNS dalam menginovasikan pola pembelajaran akademik dinilai sangat tepat dalam menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar. KKN sebagai mata kuliah wajib semester 6 tetap diadakan dengan mengusung tema COVID-19 sebagai bentuk dukungan dan bantuan dalam mencegah persebaran COVID-19 di masyarakat.

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2009-2020 Berita Kebumen | All Right Reserved